Pages

Subscribe:

Search Engine

Antena Wi-Fi

Assalamualaikum Wr.Wb

Selamat siang saudara sekalian, kali ini kami akan berbagi pengetahuan tentang pengertian, fungsi, dan jenis-jenis Antena Wi-Fi.

  ⃟ Pengertian 

⇨ Antena adalah transformator/struktur transmisi antara gelombang terbimbing (saluran transmisi) dengan gelombang ruang bebas atau sebaliknya. Antena adalah salah satu elemen penting yang harus ada pada sebuah teleskop radio, TV, radar, dan semua alat komunikasi nirkabel lainnya. Sebuah antena adalah bagian vital dari suatu pemancar atau penerima yang berfungsi untuk menyalurkan sinyal radio ke udara.Bentuk antena bermacam macam sesuai dengan desain, pola penyebaran dan frekuensi dan gain.

 ⃟ Fungsi Antena

⇨ mengubah sinyal listrik menjadi sinyal elektromagnetik
⇨ menerima sinyal elektromagnetik (penerima energy elektromagnetik dari ruang bebas) dan mengubahnya menjadi sinyal listrik

 ⃟  Jenis - jenis Antena Wi-Fi

⇨ Antena Grid
antena grid
antena ini merupakan salah satu antena wifi yang populer, sudut pola pancaran antena ini lebih fokus pada titik tertentu sesuai pemasangannya.
komponen penyusunnya yaitu :

1. reflektor
2. pole
3. jumper, fungsinya menghubungkan antena dengan radio. antena grid ada 2 macam dengan frekunsi yang berbeda yaitu 5,8 Ghz dan 2,4 Ghz perbedaan terdapat pada pole nya. 

⇨ Antena Omni



 Antena Omni memiliki bentuk menyerupai tongkat namun lebih kecil. Antena ini mempunyai cakupan yang lebih luas daripada antena Grid. Cakupan antena ini menyebar ke semua arah dan membentuk seperti semacam lingkaran. Jenis antena ini biasanya digunakan pada jaringan hotspot area. Antena Omni berfungsi untuk melayani cakupan area yang luas tetapi dengan jangkauan yang pendek. Dengan jangkauan area yang luas, kemungkinan di area ini juga akan terkumpul sinyal lain yang tidak diinginkan. Jenis antena ini sangat cocok digunakan untuk system koneksi point to multipoint atau koneksi hotspot. Sekarang ini banyak instansi, kantor, sekolahan, bahkan warung tenda yang menggunakan jenis antena ini untuk hotspotan. Maka dari itu jika anda ingin memperluar jaringan internet anda di sekeliling rumah anda antena ini cocok untuk digunakan.

⇨ Antena Sectoral



Jenis antena ini hampir sama dengan antena omni. Akan tetapi sudut sebarnya tidak seluas antena omni. Namun untuk jarak bisa lebih jauh dibanding dengan antena omni. biasanya untuk antena sectoral sudut sebarnya mencapai 120 derajat. Contoh lain yang menggunakan antena sectoral adalah tower GSM yang memancarkan sinyal HP. Itu menggunakan antena sectoral sebagai pemanca sinyalnya. Makanya sinyal HP bisa dideteksi dari jarak yang jauh karena menggunakan antena sectoral ini. Untuk harga tentunya lebih mahal daripada antena omni.

⇨ Antena Yagi







Untuk antena ini sedikit berbeda dari antena grid ataupun omni. Antena Yagi mempunyai bentuk menyerupai ikan teri. Sama seperti antena grid, antena ini juga mempunyai cakupan yang searah. Perbedaan utama dari antena Yagi dengan Grid adalah antena ini cukup jarang digunakan dalam jaringan. Biasanya antena ini akan diarahkan ke pemancar. Antena ini terdiri dari 3 bagian, meliputi driven, reflector, dan director. Driven merupakan titik catu dari kabel antena. Panjang fisik driven biasanya adalah setengah panjang gelombang frekuensi radio yang diterima atau dipancarkan. Reflektor merupakan bagian belakang antena yang digunakan untuk memantulkan sinyal. Panjang fisik reflector biasanya lebih panjang dari driven. Sedangkan director merupakan bagian pengarah antenna. Bagian ini ukurannya lebih pendek dari driven. Antena ini biasanya berbeda frekuensi daripada antena grid dan juga antena omni.

⇨ Antena PVC



Dinamai dengan Antena PVC karena antenna ini bahannya terbuat dari pipa PVC yang kemudian dilapisi dengan aluminium foil. Sebenarnya desain antenna ini merupakan pengembangan dari antena kaleng yang sering berkarat bila dipasang di area outdoor. Keunggulan antena ini adalah tahan cuaca, tidak berkarat, dan mudah pemasangannya. Namun antena ini biasanya hanya digunakan untuk jarak dekat yaitu 200 – 300 m saja.


0 comments:

Post a Comment

Semoga Bermanfaat Ya :D