Pages

Subscribe:

Search Engine

Pengertian DNS beserta fungsinya


Assalamualaikum Wr.Wb
Selamat pagi sobat Blogger, salam sejahtera bagi kita semua. Pada kessempatan kali ini kami akan mengulas tentang pengertian DNS beserta fungsinya. Berikut ulasannya. 

Sebelumnya pasti kita pernah mendengar istilah "IP Address", pasti jika kita ingin mengunjungi suatu website tentu pada website tersebut memiliki sebuah IP. Apa sih itu IP Address? Internet Protocol Address adalah adalah angka-angka pengenal yang diberikan untuk setiap komputer. Alasannya karena IP Address lebih mudah diingat dan dikenali oleh komputer tapi tidak dengan manusia.

Kita bisa saja membuka suatu website dengan IP tertentu yang sudah ditentukan oleh admin-nya, tapi dapat kita bayangkan bahwa ribuan bahkan jutaan website menggunakan IP Address yang berbeda-beda dan dalam bentuk angka yang memusingkan kepala, maka disini kinerja DNS untuk mengatasi kepusingan pengunjung website yang harus menghapal angka-angka untuk mengunjungi website yang akan ia tuju dengan membuat alternatif menggunakan sebuah alamat berupa huruf yang mudah diingat.

Pengertian lebih jelasnya
DNS (Domain Name System) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. Domain Name System ini merupakan sistem penamaan hirarkis yang nantinya didistribusikan untuk suatu komputer, jasa, atau sumber daya terhubung ke Internet maupun jaringan pribadi. DNS biasanya digunakan sebuah Layanan Nama Domain untuk menyelesaikan permintaan untuk nama-nama website menjadi alamat IP untuk tujuan menemukan layanan komputer serta perangkat di seluruh dunia. Menurut Wikipedia, pengertian DNS (Domain Name System) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain. Menurut browser Google Chrome, DNS adalah layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet.
 
Fungsi DNS
Fungsi dasarnya adalah untuk menerjemahkan alamat IP menjadi sebuah nama domain atau sebaliknya. Contohnya seperti alamat facebook.com, google.com, blogger.com, dan alamat - alamat lainnya.
 
Manfaat DNS
Manfaatnya tentu saja mempermudah client untuk mencari suatu alamat tanpa harus mengahafal IP Address dari alamat tsb. Karenanya sewajarnya saja manusia yang lupa atau sulit menghafal angka - angka untuk setiap mengakses situs yang ingin di tuju.
 
Sekian Penjelasannya, semoga bermanfaat :D

0 comments:

Post a Comment

Semoga Bermanfaat Ya :D