Pages

Subscribe:

Search Engine

Cara Membuat Perintah Unik pada Linuxmint


Pengertian

Bourne-Again shell lebih sering disebut dengan bash. Bash ini salah program dalam GNU Project yang menjadi shell yang paling banyak digunakan pada lingkungan *NIX. Bourne-Again shell merupakan pengembangan dari Bourne shell. Namanya diambil dari penciptanya, yakni Stephen Bourne. bash sendiri kemudian dikembangkan Brian Fox.
Saat ini, bash menjadi script' primer pada sistem Linux dan telah disertakan pula di Mac OS X Tiger. Selain Bash, shell yang ada ialah C-shell dan Korn Shell.

Maksud Dan  Tujuan

Kami ingin membuat perintah tambahan tanpa mengganti perintah awalnya yang bisa dibilang unik dan bisa mempersingkat perintah, kami akan menambahkan perintah untuk ping 8.8.8.8 menjadi ping8. jadi pada hasilnya kita tinggal mengetikkan perintah ping8 untuk mengecek konektifitas koneksi internet.

Alat dan Bahan
  • PC / Laptop OS Linux
Jangka Waktu pembuatan

5 menit

Tahap Pelaksanaan

Langsung saja kita mulai dengan membuat file baru di direktori /usr/bin dengan contoh seperti berikut

Sebelumnya kita buat file perintah baru untuk mengetes konektifitas seperti ping 8.8.8.8 kita ganti menjadi ping8, dan gambar dibawah ping8 adalah nama file perintah baru


lalu kita berikan hak akses pada file perintah baru yang kita buat, seperti gambar dibawah


Lalu kita masukkan script seperti gambar dibawah, didalamnya terdapat perintah ping 8.8.8.8 dan itu adalah perintah yang kita maksudkan untuk dibuat perintah baru

 
 lalu bisa kita coba perintah baru yang kita buat tadi, jika sudah benar nanti perintah yang tereksekusi adalah perintah untuk cek konektifitas atau ping 8.8.8.8.

 

Referensi | https://id.wikipedia.org/wiki/Bourne-Again_shell

0 comments:

Post a Comment

Semoga Bermanfaat Ya :D